Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

Adanya perekonomian Indonesia goyah setelah datangnya covid-19 di indonesia, Banyak para pengusaha yang bangkrut usahanya baik usaha jasa maupun makanan dan minuman, banyak juga yang bertahan walaupun penghasilan tidak seperti sebelumnya. Akan tetapi setelah adanya covid-19 dinyatakan sudah pergi kalian berusaha bangkit untuk menjaga kesetabilan ekonomi di indonesia. Kawan-kawan pada mulai mencetuskan usaha baru dari modal kecil yang bisa dilakukan dan harus bisa menghasilkan uang. pemerintah mendukung adanya UMKM dan Ultra Mikro untuk naik level. 

UMKM bangkit kembali hingga sekarang karena adanya Pahlawan UMKM. BRI untuk indonesia membantu memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM di Indonesia menjadi lebih berkembang dan menjadikan UMKM naik kelas dari keterpurukan selama 2 tahun lebih. adanya Bank BRI menjadi Pahlawan UMKM saat ini.

BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

 



Sebagai pelaku usaha kecil, untuk mendapatkan modal pembiayaan untuk pengembangan usaha menjadi sebuah hal yang sangat sulit. Hal ini diakui beberapa usaha yang akhirnya pada gulung tikar pasca pandemic covid-19 karena biaya yang keluar tidak setara dengan pendapatan yang masuk hasilnya jauh. Namun, bagi beberapa orang yang mengikuti komunitas UMKM tentu akses permodalan bukan hal yang sangat sulit. Para investor, bankir dan pemerintah selalu memberikan solusi dan arahan dengan memberikan waktu kepada bank dalam menyampaikan program special untuk UMKM. 

Pada di lain kesempatan, ada salah satu penyampaian yang menarik oleh BANK RAKYAT INDONESIA (BRI). BRI menyampaikan bahwa mereka ingin membersamai UMKM Indonesia khususnya Tegal mulai dari akar (pembiayaan) hingga menjual buahnya (UMKM EXPO(RT) BRILLIANPRENEUR) karena selaras dengan tagline BRI “Memberi Makna Indonesia”. Setelah mendengar statement tersebut rasanya BRI menjadi Pahlawan UMKM. 

BRI mendukung UMKM Naik Kelas Melalui Digitalisasi

 
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) sudah memiliki framework pengembangan ekosistem pelaku UMKM. Sebetulnya dari tahun lalu BRI selalu mendorong UMKM di indonesia agar lebih maju dan terbarukan. Sangat mendukung perkembangan UMKM di indonesia. Tahun lalu tepatnya 2022 BRI mengupayakan pengoptimalan dengan digitalisasi melalui Platform digital Bisnis to Customer (B2C) yang menghubungkan pelaku UMKM dengan para pembeli memalui aplikasi Jual Beli Komoditas.

Perkembangan Teknologi makin tahun semakin canggih. tidak jarang orang memiliki alat smartphone, hampir semua memilikinya. BRI menjempatani pelaku UMKM dan Pembeli melalui digitalisasi. Artinya BRI selalu memikirkan kemudahan-kemudahan yang dapat dilakukan pelaku UMKM sehingga BRI pantas menjadi Pahlawan UMKM di Indonesia.

Supaya BRI ini tidak hanya omong kosong atau sia-sia, memiliki alasan yang sangat kuat, karena sesuai data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah pelaku UMKM khususnya segmen mikro mendominasi 98,7 persen dari total unit usaha di Tanah air (dikutip pada tahun lalu).


Mengadakan Pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR

 



Bank Rakyat Indonesia (BRI) ternyata sangat sudah sering menyelenggarakan pameran. Tahun ini saja 2023 menjadi kelima dalam menyelenggarakan pameran BRI. Menjadikan UMKM di Indonesia Naik Kelas dengan mendorong ke kancah internasional. Tema yang diusung tahun ini berjudul “Crafting Global Connection” atau “Merakit Koneksi Global

Pihak BRI menjelaskan bahwa UMKM telah sukses di kalangan sendiri atau di dalam negeri. Tandanya harus naik Level dan harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan bisa masuk ke pasar internasional melalui program yang di usung oleh BRI pada pameran “Merakit Koneksi Global”.

Pemberdayaan UMKM oleh BRI, BRI Melihat adanya peluang besar bagi produk-produk UMKM indonesia dapat masuk ke pasar global. Program ini merupakan salah satu langkah yang pasti BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM di Indonesia. BRI berharap pelaku usaha dapat semakin fokus dan terpacu untuk memperluas koneksi ke pasar global. Karena adanya perkembangan zaman semakin pesat, maka dari itu harapannya bisa memperluas koneksi hingga ke mancanegara. Nantinya Pameran BRI ini di tahun 2023 akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 7 hingga 10 Desember 2023.

5 tahun mengadakan pameran untuk UMKM ini sudah ada peningkatan hingga 168 persen dari tahun sebelumnya. ini berasal dari jumlah UMKM pendaftar. dari data yang diberikan, tercatat sudah ada 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com.

UMKM yang telah mendaftar juga melalui kurasi hingga terpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase dijakarta convention center. Aspek kurasi yang dilakukan adalah seperti design inovasi produk, dampak sosial & lingkungan, kemampuan ekspor, pencapaian UMKM dan apresiasi yang telah didapatkan oleh UMKM pendaftar. Oleh sementara itu ternyata BRI memiliki enak kantor di luar negeri yang telah bekerja sama dengan 1200 Bank.

Adanya salah satu tujuan pameran ini juga pelaku usaha dapat mengetahui tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga dapat dijadikan potensi sebagai pelanggan tetap. BRI juga mendorong peningkatan transaksi penjualan UMKM di e-commerce malalui berbagai diskon khusus yang dapat dinikmati mulai awal Desember 2023. Nantinya akan ada diskon 58% dengan minimal belanja 128 ribu yg berlaku untuk seluruh DebitBRI dan sejenisnya.

BRI untuk indonesia, menstabilkan perekonomian di indonesia. Maka dari itu BRI yaitu Pahlawan UMKM untuk memajukan pelaku UMKM dan menjadikan UMKM di indonesia menuju ke kancah internasional.