Cara Mengetahui Lupa Nomor Rekening

Cara Mengetahui Lupa Nomor Rekening

Cara Mengetahui Lupa Nomor Rekening - Apakah kalian Pernah dimintai nomor rekening alias nomor rekening bank? Syukur aja kalau ingat nomornya, bagaimana kalau ternyata sudah lupa? Mau gak mau, cara yang paling sering dilakukan adalah buka lagi buku tabungan untuk menuliskan nomor rekening. Namun, konsekuensinya tentu saja transaksi harus tertunda sementara waktu atau tidak bisa secepat yang diharapkan.

Yuppp, mau bagaimana lagi sih. Dalam setiap transaksi yang menggunakan fasilitas bank, keberadaan nomor rekening sangat dibutuhkan agar uang bisa segera dipindahkan dari rekening asal ke rekening tujuan. Nomor rekening bank dimiliki setelah informasi-informasi personal yang diminta bank sebagai syarat salah satu untuk menjadi nasabah sudah teregistrasi secara sah di bank tersebut. Dengan begitu, nomor yang satu ini bersifat pribadi dan penggunaannya mesti diketahui oleh si pemiliknya.

Perlu diingat, saat ini banyak modus kejahatan, seperti penipuan dengan nomor rekening. Makanya, kalian harus tetap waspada dan gak sembarang memberikan nomor rekening untuk menghindari penyalahgunaan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Karena nomor rekening penting dalam transaksi keuangan, bila kalian lupa dengan nomor tersebut, ada sejumlah cara yang bisa membantu kalian untuk mengetahuinya. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

1. Ingat di Buku Tabungan
Cara yang satu ini barangkali sudah banyak yang tahu. Buku tabungan selain juga menyimpan catatan saldo, uang yang terdebit, dan terkredit, juga menyimpan beberapa informasi lain. Salah satunya yaitu nomor rekening yang letaknya bisa ditemukan di balik cover buku tabungan. So, bagi kalian yang kebetulan membawa buku tabungan, segera buka buku tabungan kalian dan perhatikan informasi yang tercantum di balik cover. Kalian akan menemukan nomor rekening kalian.

Akan tetapi banyak pula yang tidak membawa buku tabungan karena alasan tertinggal di rumah atau memang sengaja tidak dibawa supaya hilang. Buku tabungan baru akan dibawa ketika ingin menyetor uang ke bank maupun keperluan lain. Jadi, buat kalian yang sering tidak membawa buku tabungan, masih ada cara lain untuk mengetahui nomor rekening. Seperti yang sudah dijelaskan di bawah ini.
 
2. Cek di Mesin ATM
Fungsi ATM yang banyak orang tahu yaiut memfasilitasi penarikan uang tunai. Cukup saja masukkan kartu ATM, lalu ketikkan nomor PIN (Personal Identification Number) dan memilih nominal yang ingin ditarik, maka uang tunai keluar dari mesin yang jumlahnya sesuai dengan yang Anda pilih. Di samping itu, mesin ATM memiliki banyak fungsi lainnya. Mulai dari pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, sampai setor tunai.

Ternyata ada salah satu fungsi yang belum banyak orang tahu dari mesin ATM, yaitu bisa digunakan untuk mengecek nomor rekening. Bagaimana caranya? Adapun saat menggunakan mesin ATM, ada beberapa menu yang tersedia yang membantu kalian dalam menggunakan mesin ATM. Bagi nasabah Bank BRI dan BNI, cari dan pilihlah menu bagian Mutasi Rekening, maka nomor rekening tabungan akan ditampilkan berikut histori transaksi keuangan terakhir. Jangan lupa catat norek kalian dengan teliti.

3. Dapatkan di Internet Banking
Sekarang zamannya serba online. Adanya ponsel pintar, netbook, atau gadget lain terhubung dengan internet. Perbankan pun telah menghadirkan layanan internet banking untuk mempermudah para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara online, kapanpun dan di manapun. Buat yang lupa nomor rekening, kalian bisa mencari tahu lewat internet banking.

Cara pertama, kalian harus registrasi dulu untuk mendapatkan akun internet banking. Bisa melalui mesin ATM atau langsung datang ke kantor cabang bank terdekat. Apabila sudah, kalian tinggal mengetikkan alamat internet banking di browser.
 
  • ib.bankmandiri.co.id (Bank Mandiri)
  • klikbca.com atau ibank.klikbca.com (Bank BCA)
  • ibank.bni.co.id (Bank BNI)
  • ib.bri.co.id (Bank BRI)
  • internetbanking.btn.co.id (Bank BTN)
  • cimbclicks.co.id (Bank CIMB Niaga)
  • ibank.bankmega.com (Bank Mega)
  • internetpanin.com (Bank Panin)
  • id.online.standardchartered.com (Standard Chartered)
  • m2u.maybank.co.id (Maybank Indonesia)
  • online.ocbcnisp.com (OCBC NISP)
  • danamonline.com (Bank Danamon)

Begitu saat login, biasanya terdapat menu informasi rekening di halaman muka. Lewat menu tersebut, kalian dapat mengetahui nomor rekening kalian. 

4. Dapatkan di Mobile Banking
Sama-sama untuk mengandalkan kecanggihan teknologi dan akses internet, bukan berarti mobile banking serupa dengan internet banking. Adanya fasilitas perbankan mobile banking bisa dipakai dalam wujud aplikasi yang terpasang di ponsel atau gadget kalian. Jadi kalian perlu mengunduhnya (download) dari aplikasi store. Bagi para pengguna Android, aplikasi mobile banking bisa diunduh di Google Play Store dengan mengetikkan nama bank atau aplikasi yang digunakan.

Untuk bisa menggunakan mobile banking, kalian perlu membuat akun berupa ID dan password agar dapat mengaksesnya. Registrasi dan aktivasi mobile banking perlu ke kantor cabang bank terdekat. Begitu sudah diaktivasi ID dan password, kalian login, pilihan menu layanan akan ditampilkan di layar smartphone. Biasanya nomor rekening tercantum di menu yang menggunakan nama Informasi Akun atau Account Information atau Info (semacam itu).

5. Tanyakan via Call Center
Walaupun kebanyakan bank menyediakan layanan call center agar nasabah bisa mendapatkan informasi dengan cepat lewat sambungan telepon. Layanan call center cenderung dimanfaatkan untuk memblokir kartu ATM, entah karena hilang atau tertelan mesin ATM. Pemblokiran sendiri merupakan langkah pengamanan agar uang dalam rekening tidak dikuras pelaku kejahatan.

Di samping itu juga, manfaat lain yang bisa dirasakan dari penggunaan layanan call center, seperti menanyakan produk perbankan, misalnya kartu kredit, melakukan transaksi perbankan, atau menanyakan informasi suku bunga. Ternyata, menanyakan nomor rekening pun juga bisa lewat call center. Anda tinggal menghubungi nomor call center bank yang digunakan dan tanyakan nomor rekening Anda. Langkah selanjutnya tinggal Anda ikuti.

Di bawah ini yaitu daftar nomor call center dari sejumlah bank yang bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja.

  • Mandiri Call (14000)
  • Halo BCA (1500888)
  • BNI Call (1500046)
  • Call BRI (14017 / 1500017)
  • BTN Contact Center (1500 286)
  • OCBC NISP (1500-999)
  • CitiPhone (Citibank) (69999)
  • CIMB Niaga (14041)
  • Customer Care Maybank (69811)
  • Bank Permata (1500111)
  • Bank Mega (60010 /1500010)
  • Hello Danamon (Bank Danamon) (67777 / 1-500-090)
  • SalaMuamalat (Bank Muamalat) (1500016)
  • BTPN Call (1500300)


6. Mencari Tahu di Kantor Bank Terdekat
Inilah jadi bagian cara terakhir apabila cara-cara sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan. Bisa saja ada buku tabungan hilang atau kebetulan ponsel kalian dalam kondisi rusak. Satu-satunya untuk mencari tahu nomor rekening adalah mendatangi kantor bank terdekat dan menanyakan langsung ke customer service. Jangan lupa yaa guyss untuk membawa KTP agar memperlancar proses validasi data nantinya.


Pilih dan Gunakan Cara yang Dirasa Mudah 

Adanay dari penjelasan di atas, banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu nomor rekening. Kalian bisa saja tinggal memilih mana yang lebih memudahkan kalian. Kalau kalian tipe orang yang melulu tergantung pada ponsel, gunakan internet banking atau mobile banking. Tapi jika kebetulan sedang lewat di dekat ATM, bisa melipir sejenak untuk mencari tahu nomor rekening melalui mesin ATM. Sederhananya, pilih dan gunakan cara yang Anda rasa paling mudah supaya urusan transaksi keuangan cepat selesai.

INFORMATION

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Lupa Nomor Rekening"

Posting Komentar

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel