Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Perisai.ai Platform untuk Terhindar dari Cyber Attack (Malware)


Fungsi Perisai.ai Platform untuk Terhindar dari Cyber Attack (Malware) - Di era saat ini perkembangan kemajuan teknologi sudah melesat sangat pesat, dimana kemajuan teknologi ini sungguh sangat membantu aktivitas kita sehari-hari. Hanya bisa melalui handphone masing-masing Anda sudah dapat beraktifitas seperti bersosial media, belanja online, transaksi online, menabung online, belajar dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa Anda lakukan di dunia Cyber seperti ini. Hampir sebagian besar saja orang tidak perduli berapapun usianya memiliki setidaknya minimal 1 akun social media  seperti email, facebook, whatsapp, instagram, tiktok. Akan tetapi perkembangan teknologi yang memudahkan aktifitas Anda sehari-hari seperti ini tidak terlepas juga dari tangan-tangan jail orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi secara illegal. Serangan illegal yang dilakukan pada dunia siber seperti ini dikenal dengan istilah Cyber Attack.

Apa itu Cyber Attack

Cyber attack ialah tindakan criminal yang ada atau dilakukan di dalam dunia Cyber. Cyber Attack dapat menyerang siapapun baik individu ataupun tingkat yang lebih besar lagi contoh perusahaan, atau organisasi.  Para pelaku cyber attack ini biasanya melakukan perusakan atau peretasan jaringan dimana pada hal ini mereka bisa mengambil atau mencuri data penting yang tersimpan di dalam database cloud system individu atau perusahaan.

Karena ada banyak hal yang bisa mengancam Anda mulai dari data pribadi, data keluarga Anda, bahkan keamanan perangkat yang Anda gunakan seperti laptop dan smartphone pun bisa terancam.
Ada banyak sekali ancaman muncul melalui internet, seperti :

1. Pencurian data-data rahasia

Pencurian data-data rahasia biasanya dilakukan dengan mengkombinasikan virus, malware, phishing, dan bahkan dilakukan oleh sang hacker secara langsung, dan yang diserang bukan lagi personal namun biasanya perusahaan-perusahaan besar terutama website dan aplikasi perusahaan.
Dan data yang diambil biasanya data yang bernilai tinggi bagi perusahaan, dan apabila bocor bisa menyebabkan perusahaan akan mengalami kerugian yang teramat besar, maka dari itu dibutuhkan data protection yang mumpuni untuk mengamankannya. 

 
2. Phishing

Aktifitas phishing saat ini menjadi salah satu aktifitas pencurian data akun yang paling besar tingkat keberhasilannya.
Karena terkadang kita suka terkecoh dengan website-website phishing yang memang tujuan dari awalnya adalah mencuri data dan akun dari seseorang dengan menggunakan website palsu yang mirip dengan website aslinya yang apabila kita mengisikan datanya maka akun kita akan dicuri dan diambil alih.
 

3. virus, malware, dll

Virus, malware, adware dan segala macam keturunannya ini sudah ada sejak internet ditemukan.
Dampak dari virus, malware dan lain-lain ini bisa merusak perangkat yang kita miliki seperti pc, laptop, dan smartphone.
Selain merusak, virus dan malware ini juga dapat melakukan pencurian data, baik itu data pribadi maupun data perbankan yang kita miliki.
 

4. Hacker

Hacker ini sama seperti virus dan malware yang bisa menguasai perangkat atau gadget yang kita miliki untuk melakukan hal yang tidak kita lakukan.

Hacker ini juga mencuri data, mengambil akses ke media sosial, email, dan akun rekening yang dampaknya ngeri banget.
Bedanya Hacker dilakukan langsung oleh orangnya secara langsung jadi dampak yang ditimbulkan secara real time dan untuk mencegahnya agak sulit.

Sebenarnya masih banyak lagi ancaman-ancaman yang ada di Internet seperti penipuan online, akan saya bahas pada tulisan saya berikutnya ya sob, jadi gimana dong untuk mengatasi hal-hal yang mengancam seperti yang saya sebut di atas? tenang ada Peris.ai yang akan membantu menjaga kemananan digital kita.

Perlindungan dari Cyber Attack, Cybersecurity
Untuk menghindari cyber attack kita bisa melindungi data kita dimana hal ini dikenal dengan istilah cybersecurity. Cybersecurity merupakan usaha yang dapat dilakukan untuk melindungi system computer , data dan jaringa serta program dari berbagai ancaman atau aksel illegal yang bisa dilakukan oleh pelaku cyber attack. Sehingga saat data protection terjadi maka  data data yang ada dalam system dapat lebih terjaga dan apa yang dikerjakan terutama pada bisnis akan meningkat dan lebih produktif karena data data penting sudah terjaga. Hal ini juga termasuk menjaga website dan media yang kita gunakan.

Mengenal layanan Perisai.ai
Bicara tentang cybersecurity, siapa yang sedang bingung untuk memilih layanan mana yang bisa diplih terlebih rasanya sangat awam dan baru mengenal terkait data protection seperti ini. Nah admin bisa merekomendasi salah satu layanan yang bisa kamu pilih salah satunya bisa kamu temukan di perisai.ai. perisai.ai merupakan platform berupa cybersecurity yang melindungi aset dan infrastruktur pada suatu organisasi dimana mereka terdiri dari sekelompok praktisi dengan pengalaman profesional di bidang keamanan siber yang berkontribusi dan memiliki visi untuk menciptakan lingkungan dan pengalaman digital yang lebih aman bagi semua organisasi atau pemangku kepentingan.

Solusi untuk keamanan digital ada di Peris.ai

Sebagai informasi biar sesuai dengan pepatah lama "tak kenal maka tak sayang" maka saya akan jelaskan dulu apa itu Peris.ai? jadi Peris.ai ini merupakan kumpulan para praktisi di dunia IT yang berfokus pada keamanan digital, dan ingin menghadirkan lingkungan digital yang bebas dari ancaman digital yang saat ini marak terjadi.

Layanan keamanan digital dari Peris.ai ini terdiri dari :

1. Korava

Jadi Peris.ai merupakan perusahaan yang menaungi banyak white hat hacker yang mampu membantu kita dalam mengatasi hacker yang menganggu, baik itu yang ingin mencuri data ataupun yang sekedar menganggu keamanan dari perusahaan.
Peris.ai akan berkoordinasi dengan white hat hacker dalam menemukan kerentanan pada sistem, sehingga memperkuat ekosistem aplikasi menjadi lebih tahan terhadap serangan.


2. Pandava

Lalu ada layanan berikutnya dari Peris.ai yaitu sistem Pentest yang mampu mengecek keamanan digital perusahaan, sistemnya simple yaitu dengan memantau dan menganalisis infrastuktur IT dalam menghadapi serangan digital.
Setelah data dari sistem didapatkan maka Peris.ai akan memberikan solusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan Cybersecurity perusahaan setelah mengetahui vulnerability assesment dengan melakukan pengecekan atau vulnerability assesment scanner melalui sistem yang sudah ada yaitu Pentest.

3. Bima

Layanan berikutnya dari Peris.ai adalah Bima yang mampu memberikan keamanan sesuai dengan kebutuhan unik bisnis dalam satu waktu upaya terhindar dari Cyber Attacks yang saat ini semakin menjadi-jadi.

4. Ganesha

Layanan terakhir yang dihadirkan oleh Peris.ai adalah modul terkait kemananan digital atau Cybersecurity Essentials.
Selain itu Peris.ai juga memberikan pelatihan untuk yang ingin memiliki kemampuan dalam mengatasi serangan digital dan menjadi seorang white hat hacker.

Harga layanan dari Peris.ai ini bervariasi tergantung layanan apa yang dipilih, jadi ada 3 pilihan paket yaitu :

  • Startup
  • Business, dan
  • Enterprise

Dan untuk informasi lebih detail bisa langsung menghubungi contact person dari Peris.ai

Kesimpulan

Keamanan digital sudah menjadi concern bagi kita semua karena tidak hanya personal yang bisa terdampak, perusahaan-perusahaan juga vulnerable dan bisa terdampak juga, bagi yang awam terhadap keamanan digital, Peris.ai bisa jadi solusi yang jelas dalam mengatasi serangan digital atau cyber attacks.
Karena Peris.ai menjamin bahwa layanan yang diberikan sangat berkualitas dengan praktisi yang memang berpengalaman dibidang keamanan dan antisipasi cyberattacks yang tentunya akan membuat keamanan data dari perusahaan jadi aman.
Baiklah sobat sekian tulisan saya kali ini semoga bermanfaat dan bisa membuka insight baru tentang keamanan digital.