Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Brainware Fungsi, Jenis, dan Contohnya

 

Penjelasan Brainware Fungsi, Jenis, dan Contohnya - Adanya komponen komputer anda biasa mengenal istilah Hardware dan juga Software bukan?? Tapi tau kah anda bahwa ada lagi satu komponen yang dimana komponen ini merupakan komponen yang palig penting dibandingkan dengan software dan hardware komputer.

Karena jarangnya brainware disebut sebgai komponen komputer apalagi pengunjung di toko komputer yang hanya pandai bertanya seputar Hardware dan Software yang akhirnya tidak mengetahui adanya istilah brainware itu sendiri loh, jadi saya sekaran akan membuat artikel yang memberikan penjelasan yaitu :

  • Pengertian Brainware
  • Fungsi dari Brainware
  • Jenis-jenis Brainware
  • Contoh dari Brainware tersebut


Nah jadi jika anda penasaran silahkan simak penjelasan pada artikel ini yaahh semuaa.

Pengertian Brainware

Secara singkat brainware dapat diartikan sebagai pengguna dari perangkat keras dan lunak pada sebuah komponen di dalam komputer, jadi brainware itu merupakan kalian sang user atau pengguna gadget teknologi tersebut.

Brainware yaitu perangkat yang mempunyai intelektual/brain yang melakukan penjelajahan atau yang bekerja dengan hardware ataupun software.

Jadi dapat disimpulkan Hardware yaitu perangkat keras yakni komputer, Software merupakan perangkat lunak yakni Sistem Operasi atau suatu Aplikasi sedangkan Brainware merupakan sang intelektual yang menjalankan atau menggunakan komputer serta aplikasi didalamnya.

Dalam sebuah industri IT pemilihan brainware sangatlah difilter dengan teliti guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada perusahaan. Dan semakin bagus apabila brainware yang menjalankan program maka semakin bagus juga hasil yang menjadi output pada program tersebut.

Fungsi dari Brainware


 


Setelah mengetahui pengertian brainware yaitu apa, jadi selanjutnya saya akan membahas apa sih fungsi dari brainware tersebut? mengapa branware lebih penting dibandingkan Hardware dan juga daripada Software?

Jawabannya sebenarnya mudah banget dan ada sebuah pertanyaan yang akan menjawab pertanyaan diatas yakni bila hardware dan software telah jadi maka siapa yang menggunakan hal-hal tersebut? nah pastinya brainware selaku pengguna yang akan menjadi brainwarenya alias user/pengguna.

 Jenis-jenis Brainware


 


Nah sekarang saya akan membahasa tentang brainware itu apa aja sih? apa saja sih yang termasuk brainware dan mengapa mereka dikatakan sebagai seorang brainware??

Pada penjelasan diatas sudah dituliskan bahwa seorang brainware merupakan seorang pengguna hardware dan software, tapi disini kita akan menyebutkan apa saja pekerjaan yang membuat kalian dianggap sebagai seorang brainware.

Programmer

Programmer merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mengutamakan kemampuan penggunaan teknologi perangkat keras dan digital secara bersamaan, hal itu saja bisa membuat seorang programmer menggunakan otak mereka dengan kerja sangat keras.

Mereka (programmer) yang menciptakan program sehingga muncul banyak inovasi dan kreatifitas yang kemungkinan dapat memudahkan pekerjaan manusia dimasa depan. Mereka yaitu brainware yang bertugas memperbaharui atau menciptakan sesuatu yang baru dalam bentul digital.

Operator

Seorang operator juga yaitu brainware yang sangat penting apalagi disebuah perusahaan yang mempunyai banyak klien atau investor. Operator merupakan seorang yang siap menghubungkan, memberikan jawaban serta solusi akan kendala yang dialami oleh kline atau investor.

Penggunaan hardware dan juga software akan sangat penting pada pekerjaan sang operator pekerjaan ini, hardware yang biasa digunakan yakni komputer dan juga pada telepon, sementara untuk software kebanyakan perusahaan kecil menggunakan layanan software chat dari whatsapp dan telegram.

Teknisi komputer

Selanjutnya seorang teknisi komputer yaitu brainware juga, karena seorang teknisi komputer dituntut harus bisa menggunakan hardware dan juga software baik secara terpisah ataupun bersamaan.

Teknisi komputer biasanya bertugas untuk membersihkan adanya hardware, maintenance server, pembersihan data sampah dan masih banya lagi baik dibidang hardware dan juga software yang menjadi tugas seorang teknisi komputer tersebut.

Projek Manajer

Dalam setiap project pasti ada namanya seorang penanggung jawab alias manajer projek yang bertugas untuk mengatus tugas dan menjaga kinerja dari anggota tim dalam sebuah projek.

Manajer projek ini juga termasuk kedalam kategori Brainware sebgai pelaku pengguna komputer beserta softwarenya maka project manager ini merupakan brainware yang cukup sibuk tugasnya hmmm..

Oke baiklah jadi itulah pembahasan blog saya kali ini semoga bermanfaat yaa..