3 Trik Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang IQ 200

3 Trik Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang IQ 200

3 Trik Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang IQ 200 - Dalam rencana keuangan pribadi yang baik adalah kunci dari tercapainya impian-impian kalian di masa depan, seperti mobil, rumah, sampai pendidikan anak. Mengapa sangat penting? Karena dalam hal kondisi pandemi yang banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan, bagi karyawan yang memiliki rencana untuk menyimpan uangnya memang sangat bagus dan cocok banget bagi kalian yang membaca blog ini.  

Baiklah, untuk langkah pertama membuat rencana keuangan yang baik adalah melakukan tips analisis keuangan sederhana yang akan diuraikan sebagai berikut:

1. Mendata Aset dan Utang


Aset merupakan segala sesuatu yang kalian miliki yang nilainya akan bertambah tinggi seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh dari aset adalah emas, properti, surat berharga, tabungan, surat hutang dan deposito. Kemudian jumlahkan semua data ini untuk mendapatkan total aset kalian.

Setelah melakukan pendataan aset dan hutang, berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendata nilai utang yang kalian punya. Semua bentuk pinjaman dikategorikan dalam utang, termasuk kartu kredit, kredit kendaraan, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jumlahkan untuk mendapatkan beban total utang kalian.

Betapa pentingnya kalian untuk melakukan pendataan aset dan hutang ini sebagai bentuk merencanakan analisis keuangan agar tidak mendapatkan defisit atau minus sampai banyak hutang.

2. Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran


Sebagai analisia keuanga yang IQ 200 kalian harus hitung ars pemasukan dan pengeluaran per bulan. Biasanya pengeluaran per bulan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu: cicilan bulanan, tabungan/investasi, pengeluaran rutin keluarga, dan pengeluaran pribadi kalian.

Kalau untuk pemasukan jika kalian seorang karyawan, umumnya pemasukan terbagi atas pemasukan bulanan dan tahunan. Jika kalian berpenghasilan tidak tetap, jumlah pemasukan sendirinya akan naik-turun, maka buatlah rata-rata penghasilan bulanan kalian untuk menghitung arus pemasukan per bulan.

Dengan memiliki perhitunang pemasukan dan pengeluaran maka kalian akan sehat secara analisis keuangan di kehidupan kalian.

3. Menilai Kondisi Keuangan dengan Financial Ratio


Nah, setelah kalian mendapatkan semua fakta keuangan kalian tersebut, maka langkah selanjutnya dari tips analisis keuangan sederhana ini  adalah menilai kondisi keuangan kalian dengan rumus-rumus sederhana ini:

 Rasio menabung


Rumus ini digunakan untuk melihat kebiasaan menabung Anda. Semakin besar angkanya, berarti semakin baik kondisi keuangan Anda.



Total tabungan + Investasi

Rasio Menabung=

Penghasilan bulanan

 

Contoh: Penghasilan bulanan Anda Rp 10 juta, total tabungan+ investasi per bulan Rp1.5.000.000,00

 

1.500.000

Rasio Menabung=

10.000.000

 

=    15 %

Rasio menabung yang baik, minimal adalah 10%. Jadi kalau rasio menabung Anda > 10%,    maka Anda mempunyai rasio kebiasaan menabung yang baik.
 

Rasio cicilan utang


Rumus ini dipakai untuk melihat perbandingan cicilan utang dengan penghasilan bulanan.     Semakin besar angkanya, berarti semakin jelek kondisi keuangan Anda.

Total cicilan utang per bulan

Rasio Cicilan Utang=

Penghasilan bulanan

 

Maksimal angka untuk rasio ini adalah 1/3 penghasilan bulanan atau sekitar 35% dari total penghasilan. Jadi kalau hasil perhitungannya < 35%, berarti kondisi keuangan Anda masih sehat.

 

    Rasio utang

Rasio utang - 3 Tips Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang Cerdas - aliwaa.com.lb

Rasio utang – 3 Tips Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang Cerdas – aliwaa.com.lb

Ini untuk membandingkan jumlah utang dengan seluruh aset. Semakin besar angkanya, semakin jelek kondisi keuangan Anda.

Total utang

Rasio Utang     =

Total aset

Angka patokan maksimal dari rumus ini adalah 50%, jadi kalau hasil perhitungan Anda masih dibawah 50%, berarti kondisi keuangan Anda masih sehat.

 

    Rasio dana darurat

Rasio dana darurat - 3 Tips Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang Cerdas - gobankingrates.com

Rasio dana darurat – 3 Tips Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang Cerdas – gobankingrates.com

Rumus ini dipakai untuk melihat kesiapan keuangan Anda saat keadaaan darurat menerpa. Semakin besar angkanya, semakin siap keuangan Anda. Angka patokan minimalnya 3x.

Total dana darurat yang Anda siapkan dari tabungan

Rasio Dana Darurat     =

Biaya bulanan keluarga

 

Bila angka yang dihasilkan < 3, maka kondisi keuangan Anda tidak mempunyai fondasi keuangan yang stabil.
 

Rasio investasi

Semakin besar angkanya, semakin baik kondisi keuangan Anda. Angka patokan minimalnya adalah 50%. Bila angkanya kurang dari ini, maka kondisi keuangan Anda belum terlalu sehat. 

Total investasi

Rasio Investasi     =

Total Aset

 
Dengan tips analisis keuangan sederhana ini diharapkan kalian dapat mulai menyusun impian-impian kalian dengan lebih realistis dan terarah. Selamat menganalisis!

INFORMATION

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "3 Trik Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang IQ 200"

Posting Komentar

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel