Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tersimpan Rahasia Khasiat Dalam Tinta Cumi-Cumi


  
Sumber Foto by Cookpad.com

Tinta cumi-cumi mempunyai nilai gizi yang cukup baik terutama kandungan protein dan terdiri atas asam amino esensial dan non esensial.

Menurut Okozumi dan Fujii (2000), melano protein tinta cumi-cumi mengandung asam amino esensial yang dominan berupa lisin, leusin, arginin dan fenilalanin.


Tinta cumi-cumi juga berpotensi untuk menambah nilai keunikan karena warna dan kandungannya yang sangat menarik perhatian, alami, dan memberikan banyak khasiat.

Sudah banyak masyarakat mengolah tinta cumi-cumi untuk diambil khasiatnya dalam mengobati penyakit dan juga ditambahkan dalam pembuatan aneka makanan. Berikut keistimewaan tinta cumi-cumi.

1. MencegahTumor

Dalam tinta cumi-cumi mempunyai khasiat untuk mengurangi dan melawan sel kanker yang ada didalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan cara menyuntikkan tinta cumi-cumi kepasien tumor. Hingga saat ini masih dipelajaril ebih dalam lagi oleh para ahli validitas dan juga dosis yang dibutuhkan untuk melawan sel tumor pada saat menggunakan tinta cumi tersebut.

2. Memperbaiki Mood
Dalam tinta cumi-cumi mengandung salah satu asam amino essensial yaitu tirosin yang berguna untuk menambah protein sehingga akan memicu tumbuh kembang jenis protein lain didalam tubuh. Tirosinakanmemperlancarkinerjasarafotak dan memperbaiki mood.

3. MencegahObesitas

Dikarenakan sifat alami tinta cumi yang mampu mengeluarkan dan meruntuhkan lemak menumpuk dalam tubuh, ini sangat membuat seseorang rajin mengkonsumsi tinta cumi-cumi akan terhindar dari berat badan berlebihan atau biasa disebut obesitas. 

4. Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi
Vitamin B kompleks merupakan multivitamin yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh manusia. Dalam tinta cumi-cumi mengandung vitamin B1, B2,  B6, dan B12 yang sangat bermanfaat untuk menyerap kabohidrat atau vitamin lain di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Kanker
Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang karena termasuk jenis penyakit mematikan. Sudah banyak pasien yang terkena kanker menjalani kemoterapi dan radiasi. Untuk mengatasi masalah peyakit berbahaya ini, terapi kanker dengan memakai tinta cumi-cumi sangat di sarankan untuk di coba, sebab dalam tintac umi-cumi mengandung banyak protein khusus yang berguna untuk melawan kanker.

6. Mmbantu Proses Pembentukkan Tulang
Dalam tinta cumi-cumi mengandung kalsium dan zat besi yang sangat baik untuk memperkuat struktur tulang sekaligus pembentukkan tulang. Maka dari itu, membuat tinta cumi-cumi sangat baik untuk dikonsusmsi oleh semua kalangan usia khususnya anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. 


Penggunaan tinta cumi-cumi dalam masakan banyak di olah masyarakat menjadi makanan yang bermanfaat dan menyehatkan. Seperti empek-empek tinta cumi yang sangat menggugah selera ,kerupuk tintacumi-cumi, tepung goreng tintacumi, dan makanan menyehatkan lainnya yang mengandung tinta cumi.