Wah Keren Nih! Lokasi Tambang Intan Jadi Wisata Alam Danau Seran


Haii semua, siapa di sini yang sudah pernah ke Danau Seran? Keren banget kan? Pastinya dong!

Apalagi kalau cuacanya panas, mendukung banget buat nyebur dan berenang di sana.

Kalian pada tau nggak sih kalau Danau Seran merupakan sebuah wisata alam yang menyungguhkan keindahan danau yang airnya jernih serta di tengah danau terdapat pulau kecil. Masyarakat lokal menyebutnya Pulau Asmara.

Usut punya usut ternyata beberapa tahun yang lalu Danau Seran merupakan lokasi tambang Intan milik PT. Galuh Cempaka. Jadi sekarang, aktifitas penambangan telah berhenti atau tidak dilakukan lagi. Namun, hingga 2034 lokasi tambang masih berstatus milik perusahaan tersebut. Ayoo sangat dinantikan loh kalian ke sini

Area bekas galian tambang yang tidak terpakai itu, malah menjadi tempat genangan air. Karena banyaknya terbentuklah sebuah danau yang indah memiliki daya tarik  pengunjung.

Danau Seran terletak di Guntung Manggis,  kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Danau ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banjarbaru. Oh iya untuk menuju Danau Seran kalian harus membawa kendaraan pribadi atau ojek. Karena tidak ada transportasi umum di sana. 

Untuk itu jalan menuju ke Danau Seran cukup bagus, sayangnya ada juga jalan yang lumayan rusak. Jalannya belum beraspal hingga membuat beberapa orang kesulitan untuk menuju tempat ini.

Tiba di Danau Seran, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan air yang jernih dan menggoda untuk berenang. Airnya berwarna biru hingga dasar danaunya terlihat dan kalian akan menemukan alga merah di sana. Sangat menakjubkan bukan!!

Menurut warga lokal, Danau Seran memiliki keistimewaan pada airnya. Air tersebut mengikuti kondisi cuaca. Kadang berwarna biru dan sewaktu-waktu hijau mengkilap. Sungguh indah bukan!!

Ingat ya teman-teman, karena ini bekas area galian tambang, danau ini memiliki kedalaman sekitar 30 meter. Jadi, berhati-hati ya!

Selain bisa berenang, kalian juga bisa naik perahu kecil/kelotok untuk menyebrang ke Pulau Asmara. Cukup membayar Rp 5.000 sudah bisa merasakan sensasi naik kelotok yang super seru.

Di Pulau Asmara terdapat banyak pohon pinus, rumah pohon, dan sebuah spot foto berbentuk love yang menjadi rebutan para pengunjung untuk berfoto-foto.
Entah kenapa dinamakan Pulau Asmara, mungkin di sana banyak orang yang sedang kasmaran berkunjung. Hehehe.... 

Sebenarnya masih ada sih, spot foto di Danau Seran. Tapi yang sering kita lihat di instagram, ya tiga tempat itu tadi.

Kalau ke Danau Seran jangan cuma berfoto ya, kalian juga bisa menyewa sepeda air dan perahu untuk mengelilingi danau ini. Rp20.000 untuk 30 menit yang mengasyikkan.

Jika tiba-tiba merasa lapar, tenang, di sini banyak penjual makanan dengan harga yang terbilang cukup murah. Atau kalau kalian mau bawa makanan dari rumah biar terasa suasana pikniknya, hehehe.....

Selesai makan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya! Jangan cuma mantan yang dibuang pada tempatnya.

Satu lagi yang hampir terlupakan, biaya parkir agar kalian menyiapkan uang kecil. Untuk kendaraan roda dua, Rp3.000 dan untuk kendaraan roda empat Rp5.000.

Setelah berkunjung ke sana, aku jadi kepikiran deh. Cuma dua hal kok, tentang spot foto dan jalanan di sana.

Mungkin nih, kalau Danau Seran menambah spot foto yang instagramable, makin banyak mengundang para pengunjung untuk jalan-jalan ke sana. Serta pemerintah sepertinya harus mulai memperhatikan jalan menuju Danau Seran agar memudahkan para pengunjung.


Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

0 Response to "Wah Keren Nih! Lokasi Tambang Intan Jadi Wisata Alam Danau Seran"

Posting Komentar